Sabtu, 20 Februari 2010

Lomba Foto Camera Digital

LOMBA FOTO dan FILM DIGITAL CAM

Pendahuluan

Perkembangan IT Digital Foto telah merambah kebanyak element elektronika seperti MP5 keatas, Hp dan digital camera,video cam pun semakin

beragam dan semakin murah, mampir semua lapisan masyarakat mampu memiliki menurut info dari jurnal Hp jumlah pengguna Hp di Indonesia di perkirakan kurang lebih 50 juta ponsel, sebuah jumlah yang cukup banyak.

Perkembangan Digital Foto juga didukung piranti softwere computer yang semakin canggih seperti program editing film seperti Pineacle 9,Ulead 8,9,10 dan Adobe Premiere dan editing photo seperti Photoshop,Corel Draw 12,memudahkan pengolahan hasil yang prima sesuai dengan capian art imaginasi yang diinginkan

Tetapi sayangnya kemajuan piranti Digital Camera dan softwerenya kurang bahkan tidak digunakan secara maksimal oleh pemilik camera.

Untuk mensosialisasikan pemakian Digital Cam yang semakin meluas dikalangan masyarakat perlu sering diadakan aneka event, dalam kontek ini adalah event Lomba Foto dan film Digital.

Kemajuan tehnologi ini sering kali digunakan tidak secara proporsional, yang banyak terjadi menjadi patologi social dengan munculnya adegan porno yang banyak beredar lewat internet mengunakan vasilitas video camera maupun Hp yang sangat sederhana.Sample yang paling spektakuler adalah kasus anggota DPR yang direkam via HP.

Kecanggihan alat-alat Dicital Camera tersebut sebetulnya bisa sebagai ajang aktualisasi diri untuk berpartisipasi dalam interaksi social budaya yang konstruktif dan edukatif, dan sarana paling efektif dan praktis bagi pengembangan sebuah perusahaan , institusi ataupun partai politik sebagai Branding-Promosi yang Smart maka adanya event lomba Dicital Cam menjadi sangat penting, apalagi hasil lomba akan di publis di media dan di upload di website.

Latar Belakang

Pengembangan kewiraswastaan pada sector UKM sebenarnya pemerintah sudah allout dengan secara politis berdirinya kementrian Koperasi dan UKM, dengan adanya kementrian tersebut secara politis sebagai wujud orientasi policy strategi pembanggunan yang tidak melulu berotrientasi konglomersi sebagai mana pada pengalaman krisis ekonomi Indonesia di akhir abad 20, dampak kepedulian orientasi politik tersebut dengan adanya pembinaan oleh BUMN, penyaluran dana UKM melalui koperasi dan BMT dan micro finennce, juga program MENPERINDAG pun banyak mensuport bangkitnya UKM.

Upaya pemerintah tersebut perlu di support oleh element-element terkait karena pengembangan kewiraswastaan di Indonesia perlu perubahan struktur kognitif yang terus menerus karena sebagaimana tesisnya Ricard Robinson bahwa mentalitas sebagaian besar masyarakat Indonesia adalah priayi artinya orienatasi hidup orang Indonesia adalah pegawai negeri untuk perubahan tersebut meminjam David Mc Callend perlu di beri virus Nach (need for achievement), dalam konteks ini perubahan mental yang perlu di suntikan adalah memberi event-event kesadaran mentalitas melalui lomba-lomba yaitu lomba foto dan pembuatan film digital dengan mengambil tema aktifitas kewiraswastaan di kalangan pengrajin dan foto Produk kerajinan.

Tema tersebut diharapkan bagi peserta non Pengrajin bisa berempati terhadap produk kerajinan,dan cinta bangga terhadap produk dalam negeri karen rasa rasa bangga terhadap produk sendiri adalah element penting dalam wiraswasta dan Proses kreatif pengrajin adalah contoh menarik kewiraswastaan karena kebanyakan pengrajin berangkat dari geografis desa mampu menembus pasar dunia dan dari kesederhanaan alat prosuksi mampu melahirkan desain-desain haight class. Dan bagi peserta Pengrajin dengan adanya lomba tersebut memberikan rasa bangga terhadap profesionalisme yang selama ini sector industri kerajinan tidak di jadikan orientasi ekonomis dan pemanfaatan tehnologi canggih yang sudah akrab dalam pola hidup keseharian yaitu HP menjadikan Pengrajin menjadi kreatif berkarya karena mereka akan menjadi mudah mengaktualisasikan produknya di dunia international via upload di dunia maya.

Tehnis

1. Peserta adalah bebas

2. Bagi peserta dari Pengrajin diberi code karyanya Prj

3. Bagi peserta dari non Pengrajin diberi code karyanya non Prj

4. Karya foto bebas diedit di computer

5. Karya foto di cetak 20 R

6. Karya foto dilampirka foto aslinya di CD\DVD

7. Karya Film di kirim dengan format DVD

8. Semua karya yang masuk menjadi hak panitia

9. Semua karya akan di upload di website panitia

10. Karya di kirim di alamat :APIKRI jl. Imogiri Barat.no – Yogyakarta

11. Pemenang akan pamerkan dan di putar filmnya di Balai Budaya Yogyakarta

12. Diadakan pelatihan-saresahan tentang editing foto dan Film

13. Pengumuman lewat : website, Koran, radio, poster

Maksud dan Tujuan

1.Merespon animo masyarakat akan Digital Camera

2.Memaksimalisasi Kemampuan Digital Camera yang ada

3.Memperkenalkan aneka produk yang terkait dengan Digital Camera baik softwere maupun hardwerenya

4.Memberi wadah pemilik Digital Camera untuk berapresiasi

5.Memberikan sarana aktualisasi diri dengan menggunakan kecanggihan tehnologi yang sudah merakyat

6.Digital Camera adalah sarana paling mobile dan efektif dalam sosialisasi,promosi, branding suatu perusahaan dan institusi

Out Put

Bagi Apikri adalah sosialisasi program dan branding lembaga dalam rangka mewujudkan masyarakat wiraswasta dan mengangkat dunia kerajinan di mata nasional dan international

Dan bagi lembaga terkait lainnya adalah Promosi yang efektif

Nama Event

Lomba FOto dan Film Digital Camera

Tema

Aktifitas kewiraswastaan dikalangan Pengrajin dan Foto Produk Kerajinan Indonesia

Dengan aneka kategori sebagai berikut:

Katagori Foto Digital

Katagori Salon Foto

Katagori Film

1.Katagori film durasi 5 menit

2.Katagori Film durasi 10 menit

Syarat Alat

Merk bebas

1. HP max 2 pxl

3. MP5 max 2 pxl

4. Camera Pocket Digital max 7 pxl

5. Video Cam max 7 pxl

Dewan Juri

1.Seno Joko Susono (wartawan Tempo)

2.Budi Irawanto (pengamat perfilman UGM)

3.Roy Suryo(ahli media digital)

4. Ideal Rusli (Fotografer dan dosen ISI)

5.(tokoh tema terkait)

Hadiah Lomba Foto Digital

1.Juara pertama Lomba Foto (dua katagori)

a.Uang Tunai masing-masing sebesar Rp.5.000.000,- (lima juta rp)

b.Piala dan sertifikat

c.Hadiah Hp,merk

2.Juara kedua Lomba Foto (dua katagori)

a.Uang Tunai masing-masing sebesar Rp.4.000.000,.(empat juta rp)

b.Piala dan sertifikat

c.Hadiah Hp,merk

3.Juara ketiga Lomba Foto (dua katagori)

a.Uang Tunai masing-masing sebesar Rp.3.000.000,- (tiga juta rp)

b.Piala dan sertifikat

c.Hadiah Hp,merk

4. 6 (enam) juara umum lomba Foto (dua katagori)

a.Masing-masing rp.1.000.000,- (satu juta rp), total Rp.6.000.000,-(enam juta rp)

b.Piala dan Sertifikat

c.Hadiah Hp, merk

Hadiah Lomba Film

1.Juara pertama Lomba Film (dua katagori)

a.Uang tunai masing-masing sebesar Rp.7.000.000 (tujuh juta rp)

b.Piala dan Sertifikat

c.Hadiah Handycam,Merk

2.Juara kedua Lomba Film (dua Kategori)

a.Uang tunai masing-masing sebesar Rp.6.000.000 (enam juta rp)

b.Piala dan Sertifikat

c.Hadiah Handycam,merk

3.Juara ketiga Lomba Film (dua Kategori)

a.Uang tunai masing-masing sebesar Rp.5.000.000 (lima juta rp)

b.Piala dan Sertifikat

c.Hadiah Handycam,merk

4. 6 (enam) juara umum lomba Film (dua kategori)

a. Uang tunai masing-masing sebesar Rp.2.000.000(dua juta rp) total 12.000.000,-(dua belas juta rp)

b.Piala dan Sertifikat

c.Hadiah Hp, merk

Waktu

Organisasi

Lembaga Cahaya Nusantara (Yantra) Yogyakarta dan Aprikri Yogyakarta

Sponsor

Sponsorship : Lembaga Apikri

Co Sponsor :

1.Produsen Hp (Nokia,O2,Nikian,Siemmens, Motorola dll)

2.Shoftwere

3.Media HP (SMS,Pulsa dll)

4.Jaringan (Indosat,XL,Flexy,Frens,Ceria,Satelindo dll)

5.Toko elektronik

6.Perusahaan, Institusi Swasta dan Pemerintah

7.dll

Biaya

- Terlampir

Penutup

1 komentar: