Sabtu, 17 April 2010

CONTOH PROPOSAL PROYEK SENI PATUNG UNTUK RUANG PUBLIK DI KODYA JOGJAKARTA

PROYEK SENI PATUNG UNTUK RUANG PUBLIK DI KODYA JOGJAKARTA
Oleh : hangno

DASAR PEMIKIRAN

Jogjakarta telah sukses dengan proyek lukisan mural, padahal kekayaan seni di Jogja masih banyak dalam kontek ini adalah Patung, banyak sudut sudut dan centre ruang publik yang menarik kalau di dirikan mural patung tidak sekedar just garden! Akan lebih berkarakter sebagaimana predikat Jogya sebagai kota pelajar dan budaya dan akan semakin mengexiskan sebagai kota kunjungan wisata.Jogja bisa menampilkan spesifikasi kota dibandingkan kota-kota yang lain Sebagaimana Bali disamping mempunyai arsitektur yang khas juga akan mudah di jumpai pemandangan yang menarik di setiap sudut ruang, jalan dan tempat strategis pasti ada patung-patung yang indah dan exotis sebuah refleksi culture dan religi yang bisa dimanifestasikan dengan tepat dan cerdas dalam kerangka wisata, Jogja bisa belajar dari pengalaman Bali dalam kerangka pariwisata ,tidak mesti menampilkan patung-patung relegius sebagaimana Bali bisa berupa patung-patung kontemporer atau historis atau mitologis, yang pasti kreatifitas akan terus muncul dan mengalir bila sudah dimulai sebagaimana pada lukisan mural.

Jogja tidak disadari menyimpan pematung-pematung terkenal dan kreatif baik produk akademis atau otodidak yang kurang tersosialisasi dalam wacana seni budaya Jogja sebagai seni fine art pamor seni ini di Jogja kalah jauh dengan seni lukis, tari dan teater bahkan sama keraajinanpun seni Patung kalah populer, padahal pada level strata seni, patung menempati rangking pertama karena seni ini pada mulanya untuk memvisulisasikan Dewa sebagai personitifikasi ritual-agama.

Dalam momentum Jogja Risk dan bersolek ini perlu trobosan-trobosan artistik yang original dan genuine yang membuat jogja berwibawa dan berkarakter. Juga memaksimalkan potensi kreatif masyarakat dalam peran serta pembangunan jogja, konsep populis dan bottum up menjadi menarik.

MAKSUD DAN TUJUAN

1.Menambah element seni dalam tata kota Jogja
2. Menambah karakter Jogja sebagai kota budaya
3. Meningkatkan existensi Jogja sebagai daerah kunjungan wisata utama Indonesia
4.Meningkatkan peran serta masyarakat dalam proses pembangunan
5. Mempercantik kota Jogja

TEHNIS

1.Seniman mengusulkan sket dan proposal mural Patung kepada Pemerintah terkait, dalam proposal tercantum konsep dan peta lokasi
2.Pemerintah terkait dibantu tim kurator seni
3.Patung bisa berbentuk permanen dan temporer
4. Materi dan tema patung bebas.
5. Seniman boleh berkalaborasi dengan pengusaha dalam mewujudkan karyanya

SUMBER DANA

1. Seniman
2. Pemerintah dan intansi/lembaga terkait
3. pengusaha

ORGANISASI

YAYASAN YANTRA
Kontak person Hangno 085643085885

MAPING

Adalah denah lokasi yang akan di usulkan sebagai tempat mural Patung ( LAMPIRAN)

PENUTUP

Proposal terbuka untuk kritik dan saran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar